PANDUAN PELAKSANAAN FLS2N SMP TAHUN 2024

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

DOWNLOAD BUKU SISWA KURIKULUM MERDEKA KELAS 7

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

TUTORIAL MEMBUAT PERENCANAAN BULAN JULI-DESEMBER

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 29 Maret 2020

LATIHAN SOAL ONLINE SBK SENI MUSIK KELAS 9

Melalui Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covid-2019), Mendikbud menjelaskan aturan lebih rinci tentang pon-poin pembelajaran jarak jauh. Dalam poin 2 surat edaran tersebut dijelaskan, Proses Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan
2. Belajar dari Rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19
MENGERJAKAN
musik
Share:

Sabtu, 28 Maret 2020

MENANGKAL DAN MEMUTUS PENYEBARAN VIRUS COVID-19


Saat ini seluruh dunia  dicemaskan dengan merebaknya wabah virus corona covid-19  semua pihak berusaha mencari solusi untuk menangani penularan wabah virus dengan berbagai cara.antara lain menjaga pola hidup yang bersih,pola makan yang sehat ,serta meminimalisir  potensi dan resiko penulatran virus corona dengan  mengisolasi diri dengan tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.
Kebijakan pemerintah  untuk menangani  wabah yang sangat berbahaya ini adalah adanya himbauan untuk tidak berkumpul disuatu tempat termasuk kebijakan belajar dirumah dan bekerja diari secara online ,dengan menggunakan media teknologi.
Salah satu upaya untuk mengindari terinfeksi virus corona adalah dengan memperkuat daya tahan atau daya imun dengan mengkomsumsi makanan bergizi dan bervitamin ,berolah raga  dengan harapan bisa mengantisipasi terjangkit wabah virus covid-19.
Di antara yang dapat dilakukan untuk menjaga  daya tahan tubuh    upaya mendapatkan  suplay vitamin  D dengan berjemur  di bawah paparan sinar matahari pagi .ssekitar jam 10 sampai jam 11 pagi dengan durasi 15 – 20 menit
Teruslah  menebar kebaikan  untuk bersama sama melawan virus covid-19. Semoga bermanfaat,
Share:

Jumat, 27 Maret 2020

SOAL TRY OUT ONLINE SBK SMP 2020 TANPA PASWORD

Melalui Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covid-2019), Mendikbud menjelaskan aturan lebih rinci tentang pon-poin pembelajaran jarak jauh. Dalam poin 2 surat edaran tersebut dijelaskan, Proses Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk      memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.
 
2. Belajar dari Rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19.
3. Aktivitas dan tugas pembelajaran Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/ fasilitas belajar di rumah. 
4. Bukti atau produk aktivitas Belajar dari Rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/ nilai kuantitatif.


Berikut Soal Try Out Ujian Sekolah Online Mata Pelajaran Budaya SMP/MTs :
Share:

MENEBAR KEBAIKAN


 TERUSLAH MENEBAR KEBAIKAN


مَن جَاءَ بِٱلحَسَنَةِ فَلَهُۥ عَشرُ أَمثَالِهَا وَمَن جَاءَ بِٱلسَّيِّئَةِ فَلَا يُجزَىٰ إِلَّا مِثلَهَا وَهُم لَا يُظلَمُونَ
Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)” (Surah al-An’am [6]: 160)
ALLAH Ta’ala memberi karunia nikmat yang begitu melimpah bagi para hamba-Nya. Tentunya ia tidak perlu membayar dan menghabiskan uang banyak untuk udara yang dihirup perdetik setiap hari.
Kewajiban manusia sebagai hamba hanyalah bersyukur atas itu semua, atas anugerah yang Allah titipkan padanya, atas fasilitas yang ia gunakan dengan gratis. Lalu dengan cara apa seorang hamba bersyukur? Salah satunya, dengan melakukan dan menebar kebaikan kepada sesama
Sesungguhnya Allah Maha Melihat dan Mendengar, maka tak satupun kebaikan hamba-Nya melainkan langusung tercatat dan berbalas kebaikan pula. Bahkan termasuk kebaikan-kebaikan yang disepelekan. Sekecil biji zarrah, misalnya.
Allah berfirman:
فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْراً يَرَهُ
“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (Surah al-Zalzalah [99]: 7).
Jangan bingung tentang kebaikan apa yang akan bisa dikerjakan. Sebab sSetiap manusia telah dibekali ragam nikmat.
Tangan bisa digunakan untuk membantu atau bersedekah, ada mulut dan lidah yang bisa dipakai untuk tilawah al-Qur’an atau berbagi ilmu pengetahuan.
Sepasang kaki yang bisa melangkah ke masjid dan majelis ilmu untuk meraih ilmu yang bermanfaat. pena yang bisa digerakkan, menulis yang bermanfaat, menyeru kepada kebenaran dan mengingkari kemungkaran yang terjadi di tengah masyarakat. Dan banyak lagi hal yang bisa diperbuat oleh setiap Muslim dalam berbuat kebaikan.
Ladang kebaikan telah Allah siapkan seluas langit dan bumi. Sarana untuk mengerjakan kebaikan juga melimpah berada di sekitar manusia. Ia tak terhitung jumlahnya dan pastinya waktu 24 jam dalam sehari adalah masa yang cukup untuk menebar kebaikan dalam kehidupan manusia.
Sebagai contoh upaya tenaga medis yang tak kenal waktu dan tenaga membantu masyarakat untuk tidak terpapar dengan bahaya infeksi virus corona, sekallipun mereka sangat berisiko terinfeksi ,siapapun bisa menebar kebaikan dengan menghimbau masyarakat untuk berhati hati dalam situasi saat ini,paling kurang berdiam diri di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.
Ada beberapa dermawan berbagi kebaikan dengan bersedekah atau mengeluarkan zakat hartanya untuk membantu kaum duafa terkhusus menangani virus yang bukan hanya mengancam orang kaya tetapi juga mengancam kaum duafa.
Mari perkuat tekad dan semangat  untuk senantiasa menebar kebaikan  pada sesama sebagai wujud syukur kepada Allah. Setidaknya niat itu tak pernah pudar dalam jiwa seorang  yang beriman. Bahwa hari ini harus lebih baik daripada kemarin.
إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا فَإِذَا جَاء وَعْدُ الآخِرَةِ لِيَسُوؤُواْ وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُواْ الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُواْ مَا عَلَوْاْ تَتْبِيراً
“Jika kalian berbuat Baik (berarti) kalian berbuat Baik untuk dirimu sendiri,Dan jika kalian berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.” (QS: Al Isra : 7).
“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”
TETAPLAH MENEBAR KEBAIKAN SEKALIPUN KAMU LELAH KARENA DIBALIK ITU SEMUA ADA KEBAIKAN MENANTIKAN KITA DI DUNIA ATAU DI AKHIRAT NANTI
KATA KUNCI  ZAKAT, KEBAIKAN BERBAGI
Share:

Rabu, 25 Maret 2020

LATIHAN MENJAWAB SOAL UNBK ONLINE 2020

1. Samsul melakukan pengukuran panjang karet penghapus, hasilnya seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini




Berdasarkan gambar di atas, hasil pengukuran yang dilakukan Samsul pada karet penghapus adalah ….
A. 2,1 cm
B. 2,2 cm
C. 2,3 cm
D. 2,4 cm

2. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Besaran
Satuan
Alat ukur
1
Panjang
centimeter
Mistar
2
Massa
kilogram
Neraca
3
Waktu
sekon
Stopwatch
4
Suhu
celcius
Termometer

Berdasarkan data di atas, besaran pokok menurut satuan SI dan alat ukur yang benar adalah ….
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 3

3. Perhatikan ciri-ciri zat berikut ini!
1) Volumenya tetap.
2) Gaya tarik antar molekulnya kuat.
3) Partikelnya mudah berpindah tetapi tidak meninggalkan kelompoknya.
4) Letak molekulnya berdekatan.
5) Bentuk dapat berubah sesuai dengan tempatnya.
Nomor yang merupakan ciri-ciri zat cair adalah ....
A. (1), (2), (3), dan 5)
B.  (1), (3), (4), dan 5)
C. (2), (3), (4), dan 5)
D. (1), (2), (4), dan 5)

4. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Pembuatan keju dari susu
2) Beras ditumbuk menjadi tepung
3) Pemuaian pada besi ketika dipanaskan
4) Pembuatan meja dan kursi dari kayu
Perubahan fisika ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
Share:

PROGRAM KERJA WALI KELAS


          Program Kerja  Wali  kelas ini disusun sebagai  pedoman  atau  pegangan  wali kelas untuk mengelola kelas secara  baik dan terarah  guna meningkatkan dan menunjang keber- hasilan  siswa  dalam menempuh  pendidikan di sekolah. Wali kelas sebagai orang tua siswa di sekolah yang diberi tugas untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan
dan menyelsaikan masalah siswa agar selalu memiliki tanggung jawab untuk belajar.dengan adanya program kerja ini diharapkan kelas menjadi tempat yang nyama, dan kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran.

 SILAHKAN DOWNLOAD PADA LINK DOBAWAH
loading...

PROGRAM KERJA WALI KELAS
Share:

DOWNLOAD AD/ART KOMITE SEKOLAH


ANGGARAN DASAR KOMITE SD-SMPN SATU ATAP SANGALLA       
PEMBUKAAN

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Penyelenggaraannya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah,pemerintah daerah,sekolah dan masyarakat.
SD-SMPN SATU ATAP SANGALLA adalah salah satu satuan pendidikan yang diselenggarakan di lingkungan Dinas Pendidikan Kebudayaan  sesuai dengan peraturan yang berlaku membentuk lembaga yang mandiri yang menjadi mitra sekolah, beranggotakan perwakilan orang tua/ wali murid, komunitas sekolah dan juga tokoh-tokoh masyarakat yang perduli terhadap peningkatan mutu pendidikan yang selanjutnya disebut sebagai Komite Sekolah.
Sebagai dasar acuan operasional kegiatan selanjutnya  komite sekolah menyusun dan menetapkan Anggaran Dasar ( AD ) dan Anggaran Rumah Tangga ( ART ) Komite SD-SMPN  Satu Atap Sangalla
Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan Rahmat dan Petunjuk dalam merealisasikan seluruh harapan pembentukan Komite Sekolah sehingga dapat memperlancar kerja sama sekolah dengan orang tua siswa dan seluruh pihak yang berkepentingan demi meningkatkan mutu lulusan SD-SMPN SATU ATAP SANGALLA.

ANGGARAN DASAR
KOMITE
SD-SMP SATU ATAP SANGALLA
BAB I
NAMA, TEMPAT DAN KEDUDUKAN
Pasal 1
NAMA
Organisasi ini bernama Komite SDN dan SMPN 3 SATU ATAP Sangalla sebagai Bentuk Sekolah Satu Atap disebut dalam Anggaran Dasar dengan istilah Komite SD-SMPN SATU ATAP SANGALLA
Pasal 2
TEMPAT KEDUDUKAN
Komite Sekolah bertempat di SD-SMPN SATU ATAP SANGALLA beralamat Sangalla, Tana Toraja Komite Sekolah berkedudukan di satuan pendidikan SD-SMPN SATU ATAP SANGALLA
BAB II
AZAS, VISI, MISI, TUJUAN, FUNGSI, DAN PERANAN
Pasal 3
AZAS
Komite Sekolah berazaskan Pancasila
Pasal 4
VISI
Bekerja sama, melayani, dan meningkatkan kinerja sekolah mewujudkan mutu lulusan yang taat dalam beribadah, unggul dalam prestasi dan santun dalam perilaku.
Pasal 5
MISI


loading...
BAPAK IBU YANG BERMINAT BISA DI DOWNLOAD DI SINI
Share:

DOWNLOAD SK TIM LITERASI SEKOLAH




KEPUTUSAN
SMP NEGERI ............
NO: ...../....../............................/........

TENTANG
PEMBENTUKAN TIM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TINGKAT SMP


KEPALA SMP NEGERI ............

Menimbang
:
a.      bahwa dalam pelaksanaan manajemen sekolah, maka perlu dibentuk Tim Gerakan Literasi Sekolah Tingkat SMP Negeri ............;
b.      bahwa mereka yang tersebut namanya dibawah ini dianggap mampu, cakap, dan loyal untuk melaksanakan Tugas sebagai Tim Gerakan Literasi Sekolah Tingkat SMP.

Mengingat

1.        Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
2.        Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);
3.        Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670);
4.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah);
5.        Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1072).

loading...
SELANJUTNYA BISA DI DOWNLOAD DI SINI


Share:

SOAL US SBK ONLINE SMP 2020 DENGAN TOKEN

UJIAN SEKOLAH TIDAK BISA LAGI DILAKSANAKAN KARENA TIDAK DIBOLEHKAN LAGI BERKUMPUL DI SEKOLAH SEHINGGA SOAL INI DIBUAT UNTUK DI KERJAKAN DIRUMAH DENGAN BANTUAN GOOGLE FORMULIR TOKEN NYA AKAN DISAMPAIKANMELALUI WHATSAPP GRUP SELAMAT MENGERJAKAN  (TOKEN) HUBUNGI 082339276644
UNTUK LANGSUNG MENJAWAB DI GOOGLE FORMULIR KLIK DISINI
https://forms.gle/vraLMMsSJ8554yRb8

loading...
Share:

STATUSTIK USER

Total Tayangan Halaman

ALEXA RANK

Mengenai Saya

Foto saya
Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia