1. Samsul melakukan
pengukuran panjang karet penghapus, hasilnya seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Berdasarkan gambar di atas, hasil pengukuran yang dilakukan Samsul
pada karet penghapus adalah ….
A. 2,1 cm
B. 2,2 cm
C. 2,3 cm
D. 2,4 cm
2. Perhatikan
tabel di bawah
ini!
No
|
Besaran
|
Satuan
|
Alat ukur
|
1
|
Panjang
|
centimeter
|
Mistar
|
2
|
Massa
|
kilogram
|
Neraca
|
3
|
Waktu
|
sekon
|
Stopwatch
|
4
|
Suhu
|
celcius
|
Termometer
|
Berdasarkan data di atas, besaran pokok menurut satuan SI dan
alat ukur yang
benar adalah ….
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 3
3. Perhatikan ciri-ciri zat berikut ini!
1) Volumenya tetap.
2) Gaya tarik antar molekulnya kuat.
3) Partikelnya mudah berpindah tetapi tidak meninggalkan kelompoknya.
4) Letak molekulnya berdekatan.
5) Bentuk dapat berubah sesuai dengan tempatnya.
Nomor yang merupakan ciri-ciri zat cair adalah ....
A. (1), (2), (3), dan
5)
B. (1), (3), (4), dan
5)
C. (2), (3), (4), dan
5)
D. (1), (2), (4), dan
5)
4. Perhatikan
pernyataan berikut:
1) Pembuatan keju dari
susu
2) Beras ditumbuk
menjadi tepung
3) Pemuaian pada besi
ketika dipanaskan
4) Pembuatan meja dan
kursi dari kayu
Perubahan fisika ditunjukkan oleh pernyataan
nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
5. Gambar di bawah ini menunjukan kondisi permukaan
air di dalam gelas ukur pada kondisi sebelum dan sesudah batu dimasukkan!
Berdasarkan gambar di atas, volume batu adalah ....
Berdasarkan gambar di atas, volume batu adalah ....
A. 30 ml
B. 50 ml
C. 80 ml
D. 100 ml
A. titik didih tinta dan
pelarut berbeda
B. setiap komponen warna
tinta memiliki perbedaan pola pergerakan
C. setiap komponen warna
tinta mudah larut dalam pelarut
D. pelarut dan setiap
komponen warna tinta memiliki sifat kimia yang sama
7. Seorang siswa ingin menguji sifat larutan dari obat yang diminumnya.
Setelah siswa tersebut melakukan pengujian diperoleh kesimpulan bahwa obat yang
diminum siswa bersifat basa.
Pernyataan yang mendukung kesimpulan siswa adalah ....
A. kertas lakmus merah
dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan tidak terjadi perubahan
warna kertas lakmus.
B. kertas lakmus merah
dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi gelembung gas
pada obat tersebut
C. kertas lakmus merah
dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi perubahan warna
kertas lakmus menjadi biru
D.kertas lakmus biru
dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi gelembung
gas pada obat tersebut
8. Perhatikan pernyataan
berikut ini!
1)
Gerak bola pada bidang miring.
2)
Mobil yang melaju denga kecepatan tetap.
3)
Gerakan benda yang dilempar vertikal ke atas.
4)
Gerak mobil mainan pada tempat yang datar.
Yang termasuk gerak lurus berubah beraturan
(GLBB ) dari pernyataan di atas adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
9. Perhatikan gambar!
Gambar di atas mengilustrasikan cara melepaskan tutup botol logam yang sulit dibuka. Hal ini dapat terjadi karena koefisien muai tutup botol ….
Gambar di atas mengilustrasikan cara melepaskan tutup botol logam yang sulit dibuka. Hal ini dapat terjadi karena koefisien muai tutup botol ….
A. lebih besar daripada koefisien muai mulut botol
B. lebih kecil daripada koefisien muai mulut botol
C. lebih besar daripada koefisien muai udara di
dalam botol
D. lebih kecil daripada koefisien muai udara di
dalam botol
10. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar di atas, posisi bulan pada saat terjadi gerhana bulan
ditunjukkan oleh nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat
ini Bukan Bocoran Soal USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan
yang mirip dengan soal-soal USBN IPA SMP/MTS berdasarkan Kisi-kisi Kurikulum 2013. Cara menjawabnya
juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping
jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!
11. Perhatikan gambar!
Besarnya usaha yang dilakukan oleh Andi dan Toni agar mobil bisa berpindah sejauh 4 meter jika gaya kedua anak itu masing-masing 50 N dan 70 N adalah ....
11. Perhatikan gambar!
Besarnya usaha yang dilakukan oleh Andi dan Toni agar mobil bisa berpindah sejauh 4 meter jika gaya kedua anak itu masing-masing 50 N dan 70 N adalah ....
A. 80 joule
B. 200 joule
C. 280 joule
D. 480 joule
12. Perhatikan gambar!
Tekanan hidrostatis terhadap A sebesar 8.000 N/m2 dan tekanan hidrostatis terhadap B sebesar 6.400 N/m2. Jika massa jenis air 1.000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, selisih kedalaman A dan B adalah ....
Tekanan hidrostatis terhadap A sebesar 8.000 N/m2 dan tekanan hidrostatis terhadap B sebesar 6.400 N/m2. Jika massa jenis air 1.000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, selisih kedalaman A dan B adalah ....
A. 0,10 m
B. 0,16 m
C. 0,64 m
D. 0,80 m
13. Perhatikan grafik pemanasan 300 gram es hingga menjadi air berikut
ini!
Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgºC), kalor jenis air 4.200 J/(kgºC), dan kalor lebur es = 340.000 J/kg, maka pada saat perubahan suhu pada proses M – N diperlukan kalor sebanyak …
A. 6,3 kJ
B. 12,6 kJ
C. 83,1 kJ
D. 102,0 kJ
14. Perhatikan gambar tuas berikut!
Jika beban digeser 10 cm menjauhi titik tumpu, yang harus dilakukan agar tuas tetap seimbang adalah ....
Jika beban digeser 10 cm menjauhi titik tumpu, yang harus dilakukan agar tuas tetap seimbang adalah ....
A. menggeser titik tumpu 10 cm
mendekati beban
B. menambah kuasa menjadi 300 N
C. menggeser kuasa 25 cm menjauhi
titik tumpu
D. menggeser kuasa 25 cm
mendekati titik tumpu
15. Beberapa logam dipanaskan secara bersama
sehingga suhunya sama.
Berdasarkan tabel, logam 1, 2, 3, dan 4 adalah
A. kuningan, besi, tembaga, alumunium
B. tembaga, besi, kuningan, alumunium
C. tembaga, kuningan, besi, alumunium
D. kuningan, alumunium, besi, tembaga
16. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Mengukur
kedalaman laut
2)
Mencari pesawat yang
hilang kontak
3)
Memperkirakan jarak antara
dua tempat
4)
Mendeteksi keberadaan
musuh
Manfaat gelombang bunyi dapat ditunjukkan pada pernyataan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
17. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Jika amperemeter menunjukkan angka 2 A, maka besar tegangan pada ujung-ujung hambatan 4 ohm adalah ....
Jika amperemeter menunjukkan angka 2 A, maka besar tegangan pada ujung-ujung hambatan 4 ohm adalah ....
A. 4 volt
B. 6 volt
C. 8 volt
D. 12 volt
18. Perhatikan data transformator pada tabel berikut!
Transformator I
|
Transformator II
|
||||||||||
Vp (v)
|
Vs (v)
|
Ip (A)
|
Is (A)
|
Np (l)
|
Ns (l)
|
Vp (v)
|
Vs (v)
|
Ip (A)
|
Is (A)
|
Np (l)
|
Ns (l)
|
120
|
1200
|
1
|
0,1
|
100
|
1000
|
100
|
20
|
0,2
|
1
|
1000
|
200
|
Dari data tersebut jenis trafo dan alasan yang benar adalah ....
Trafo
|
Jenis
|
Alasan
|
Trafo
|
Jenis
|
Alasan
|
|
1.
|
I
|
Step down
|
Is < Ip
|
II
|
Step up
|
Vp > Vs
|
2.
|
I
|
Step down
|
Vp < Vs
|
II
|
Step up
|
Is
> Ip
|
3.
|
II
|
Step down
|
Ns > Np
|
I
|
Step up
|
Is
< Ip
|
4.
|
II
|
Step down
|
Ip < Is
|
I
|
Step up
|
Ns
> Np
|
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
19. Benda terletak di depan cermin cekung seperti gambar, ternyata bayangan
yang terbentuk bersifat nyata dan diperbesar 3 kali.
Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin, maka bayangan yang dihasilkan
sekarang bersifat ....
A. nyata, terbalik,
diperbesar
B. nyata, terbalik,
diperkecil
C. nyata, terbalik, sama
besar
D. maya, tegak, diperbesar
20. Batang
besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi seperti gambar
berikut.
Berdasarkan gambar tersebut, didapatkan fakta bahwa ....
Berdasarkan gambar tersebut, didapatkan fakta bahwa ....
A. batang besi PQ menjadi magnet sementara, dengan ujung P sebagai kutub
utara dan ujung Q sebagai kutub selatan
B. batang besi PQ menjadi magnet sementara, dengan ujung P sebagai kutub
selatan dan ujung Q sebagai kutub utara
C. batang besi RS menjadi magnet sementara, dengan ujung R sebagai kutub
selatan dan ujung S sebagai kutub utara
D. batang besi RS menjadi magnet permanen, dengan ujung R sebagai kutub
utara dan ujung S sebagai kutub selatan
Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA SMP / MTs berdasarkan Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat
ini Bukan Bocoran Soal UN USBN IPA SMP/MTS kurikulum 2013, tetapi soal-soal latihan
yang mirip dengan soal-soal USBN IPA SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya
juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping
jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!
21. Perhatikan gambar berikut!
21. Perhatikan gambar berikut!
Pada gambar di atas
diperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
A. bernapas (respirasi)
B. melakukan metabolisme
C. tumbuh dan berkembang
D. berkembangbiak
(reproduksi)
22. Untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya, makhluk hidup harus mampu melakukan adaptasi. Berikut
ini disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup.
1) Orang yang hidup di
dataran tinggi memiliki jumlah sel darah merah yang lebih banyak
2)
Bunglon
mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna lingkungannya.
3)
Rayap
memiliki enzim selulase untuk mencernakan makanannya.
4)
Kebau
berkubang di lumpur pada siang yang panas.
Dari contoh-contoh adaptasi makhluk hidup di atas,
contoh manakah yang termasuk adaptasi fisiologi?.
A. (1) dan
(3)
B. (1) dan
(4)
C. (2) dan
(3)
D. (2) dan
(4)
23. Seorang peserta didik SMP Harapan Bangsa menemukan makhluk hidup yang
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1) berakar serabut,
2) batang tidak berkambium,
3) memiliki satu keping daun lembaga,
4) kelopak bunga pada umumnya kelipatan tiga.
Berdasarkan ciri-cirinya, makhluk hidup yang
ditemukan peserta didik tersebut termasuk kelompok ....
A. dikotil
B. monokotil
C. angiospermae
D. gymnospermae
24. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang menguji baku mutu Instalasi
Pengolahan Air Limbah (IPAL) di 50-60 perusahaan secara acak setiap tahunnya.
Hasilnya menunjukkan 20 persen perusahaan
dinilai tidak memenuhi standar baku mutu pengolahan limbah cairnya. Hasil uji laboratorium air sungai di wilayah
Singosari-Lawang serta Wagir–Pakis banyak yang tidak memenuhi chemical oxygen demand (COD) atau
oksigen yang dibutuhkan dalam proses kimiawi makhluk hidup.
Bagaimana
kemungkinan kondisi organisme di wilayah tersebut?
A. Sampah organik akan menumpuk
karena jumlah bakteri pengurai menurun
B. Zooplankton akan
meningkat karena jumlah ganggang meningkat.
C. Produsen tumbuh pesat
karena cukup mendapatkan oksigen.
D.Jumlah bakteri pengurai
tidak berubah karena tidak memerlukan oksigen
25. Suatu
tumbuhan memiliki ciri-ciri berikut ini:
1)
habitat di darat,
2)
serbuk sari tidak
lengket,
3)
kepala putiknya
terdapat di dalam bunga dan tertutup oleh mahkota.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa tumbuhan tersebut
penyerbukkannya dibantu oleh
…..
A.air
B. angin
C. serangga
D. manusia
26.Perhatikan skema
jaring-jaring makanan pada ekosistem darat di bawah ini!
Apa yang terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut jika populasi tikus menurun akibat petani melakukan pembasmian?
Apa yang terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut jika populasi tikus menurun akibat petani melakukan pembasmian?
A. Populasi tumbuhan dan
rubah meningkat.
B. Populasi tumbuhan dan
burung elang meningkat.
C. Populasi tumbuhan
meningkat dan katak menurun.
D. Populasi burung pemakan
biji-bijian meningkat dan laba-laba menurun
27. Perhatikan grafik
pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap kualitas udara!
Berdasarkan grafik di atas dapat disimpulkan bahwa ....
Berdasarkan grafik di atas dapat disimpulkan bahwa ....
A. semakin banyak jumlah
penduduk, kualitas udara semakin buruk
B. semakin sedikit jumlah
penduduk, kualitas udara semakin buruk
C. semakin banyak jumlah
penduduk, kualitas udara semakin baik
D. jumlah penduduk tidak
mempengaruhi kualitas udara
A. sendi engsel
B. sendi pelana
C. sendi peluru
D. sendi putar
29. Perhatikan
gambar berikut ini!
Tanaman di atas akan menutup daunnya jika disentuh, gerakan tersebut
termasuk gerak ....
A. fotonasti
B. seismonasti
C. fototropisme
D. geotropisme
30. Perhatikan gambar alat reproduksi wanita
berikut!
A. menghasilkan sel telur dan hormon
B. tempat pembuahan sel telur oleh sperma
C. sebagai saluran telur membawa sel telur
D. tempat berkembangnya janin selama kehamilan
Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat
ini Bukan Bocoran Soal USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2913, tetapi soal-soal latihan
yang mirip dengan soal-soal UN USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya
juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping
jawaban yang dianggap paling benar. Selamat berlatih!
31. 20. Perhatikan tabel berikut!
31. 20. Perhatikan tabel berikut!
Nomor
|
Enzim
|
Kode
|
Fungsi Enzim
|
|
1
|
Ptialin
|
a
|
Mengubah maltosa menjadi glukosa
|
|
2
|
Pepsin
|
b
|
Mengubah lemak menjadi asam lemak & gliserol
|
|
3
|
Amilase
|
c
|
Mengubah amilum menjadi maltosa
|
|
4
|
Tripsin
|
d
|
Mengubah protein menjadi pepton
|
|
5
|
Lipase
|
e
|
Mengubah pepton menjadi asam amino
|
Pasangan yang
benar antara Nomor Enzim dan Kode Fungsi Enzim adalah ....
A. 1 à c dan 2 à e
B. 2 à b dan 3 à c
C. 3 à a dan 4 à e
D. 4 à b dan 5 à d
32. Perhatikan daftar ciri-ciri pembuluh darah berikut!
1)
Jika
terluka, darah akan menetes.
2)
Dindingnya
tidak elastis dan tipis.
3)
Katupnya
terletak di pangkal jantung.
4)
Darah banyak mengandung
oksigen (O2).
Pada daftar di
atas, yang termasuk ciri-ciri pembuluh nadi (arteri) adalah ....
A. (1) dan
(2)
B. (1) dan
(3)
C. (2) dan
(4)
D. (3) dan
(4)
33. 20.
Bunga
Mirabilis jalava warna merah
disilangkan dengan bunga Mirabilis jalava
warna putih. Keturunan pertama semuanya berwarna merah muda. Jika F1
disilangkan dengan sesamanya, maka kemungkinan F2 hasil persilangannya adalah ….
A. Merah 100%
B. Merah
: Putih =
3 : 1
C. Merah
: Putih =
1 : 3
D. Merah :
Merah Muda : Putih
= 1 : 2
: 1
34. Perhatikan gambar penampang batang di bawah ini.
Pada gambar di atas, bagian yang berfungsi untuk pertumbuhan sekunder ditunjukkan oleh nomor ....
Pada gambar di atas, bagian yang berfungsi untuk pertumbuhan sekunder ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
35. Di kabupaten Wonosobo hasil
pertanian singkong melimpah, sehingga perlu sentuhan bioteknologi yang tepat
untuk menghindari ketidakbermanfaatan dari singkong tersebut. Produk dari
penerapan bioteknologi untuk hasil pertanian tersebut adalah ....
A. tepung singkong
B. tape singkong
C. keripik singkong
D. kue singkong
36. Salah satu penerapan
bioteknologi dalam bidang kesehatan dengan tujuan untuk menyembuhkan penyakit
diabetes adalah ….
A. antibody monoclonal
B. pembentukan interferon
C. pembuatan vaksin
D. pembuatan hormon insulin
37. Ayam berbulu hitam (HH) disilangkan dengan ayam
berbulu putih (hh). Berapa rasio genotop F2
A. 1 : 2 : 1
B. 1 : 3 : 1
C. 3 : 1
D. 4 : 1
38. Persilangan antara tanaman
bunga pukul empat warna merah dengan warna putih menghasilkan tanaman (F1)
berbunga merah jambu. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya dan menghasilkan
tanaman F2 sebanyak 32 tanaman, maka kemungkinan akan dihasilkan tanaman
berbunga merah sebanyak ...
A. 6
B. 8
C. 12
D. 16
39. Perhatikan gambar berikut!
Proses filtrasi, reabsorpsi,
dan augmentasi terjadi pada bagian nefron nomor.....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (6)
40. Para ahli Biologi pernah
melakukan percobaan yang membuktikan bahwa pengambilan bagian kulit batang tu
buhan akan mengakibatkan gangguan yang serius pada dliran senyawa organik ke
akar. Jaringan yang terbuang pada saat pengambilan kulit batang adalah ....
A. xilem
B. epidermis
C. floem
D. kambium
sumber laman : https://ainamulyana.blogspot.com/2018/09/latihan-soal-usbn-smp-ipa-kurikulum.html
0 comments:
Posting Komentar