Senin, 04 Mei 2020

TIPS Cegah terpapar virus corona


 Peningkatan pasien COVID-19 disebabkan virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS COV-2) yang mudah menyebar ke manusia melalui berbagai perantara. Virus corona bisa menular dari penderita melalui kontak fisik, Virus corona juga menyebar melalui berbagai permukaan barang seperti pegangan pintu, tangga, kertas, meja, sendok, dan kardus juga bisa menular ke manusia jika ada sentuhan tangan dengan benda-benda tersebut kemudian tangan menyentuh wajah.
Namun virus corona juga seperti virus padaumumnya yang hanya menyerang jika imunitas tubuhmu lemah  untukmencegah terpapar virus corona.Lakukan cara-cara berikut ;
1. Hindari stres
Pemberitaan tentang virus corona di media sosial dapat menyebabkan stres sehingga  hormon kortisol meningkat yang efeknya dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar masyarakat membaca informasi yang kredibel terkait COVID-19, seperti situs pemerintah Covid19.co.id atau di situs WHO. Batasi juga berinteraksi dengan media sosial, karena banyak konten hoax terkait virus corona.
2. Istirahat cukup
Kekurangan jam tidur menyebabkan letih dan lesu sehingga daya tahan menurun. Namun tidur yang berlebihan dapat mengurangi daya tahan tubuh karena kurang gerak istirahat yang cukup yaitu dewasa membutuhkan waktu istirahat selama 7-8 jam per hari, remaja dan anak-anak 9-10 jam.
3. Stop merokok dan alkohol
Hentikan kebiasaan merokok untuk mengurangi potensi infeksi virus  Karena merokok bisa menyebabkan infeksi paru-paru seperti bronkhitis dan pneumonia. Nah, virus corona juga menyerang saluran pernafasan.
Sedangkan konsumsi alkohol menurunkan daya tahan tubuh. Orang yang dalam pengaruh alkohol memiliki konsentrasi dan imunitas yang rendah.
4. Menjalankan pola hidup sehat
Memiliki pola hidup sehat dengan olah raga secara teratur, dan hindari suasana  hati dari rasa khawatir,takut dan cemas yang berlebihan agar daya tahan tubuh meningkat
5. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan  kekebalan tubuh
Konsumsi vitamin dan suplemen bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Namun kamu lebih baik mendapatkan vitamin secara alami daripada konsumsi vitamin olahan berbentuk tablet, pil atau minuman.
Seperti vitamin C yang berguna untuk daya tahan tubuh, bisa didapatkan dari buah jeruk dan strawberi, serta sayur bayam, paprika merah, dan brokoli. Vitamin A juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas bisa didapatkan dari wortel, labu kuning, dan ubi.
Kamu juga perlu minum-minuman ramuan seperti jahe merah, kunyit, dan temulawak. Jahe merah mampu menjaga tubuh tetap hangat dan menghambat bakteri penurun imunitas.
Kunyit bisa mencegah kehilangan nafsu makan, diare, perut kembung. Sedangkan temulawak mengandung zat kurkumin sebagai antiinflamasi yang menghambat peradangan, seperti di tenggorakan. Perlu diketahui, sebelum virus corona menyerang saluran nafas, virus akan bertahan di tenggorakan hingga hari keempat-kelima.
6. Jaga suhu tubuh tetap hangat
Jangan berlama-lama berada di suhu yang dingin. Karena saat tubuh kedinginan, daya tahan tubuh menurun, sehingga virus mudah menyerang.jangan biarkan dirimu kehujanan atau mandi di malam hari tanpa menggunakan air hangat. Lalu gunakan pakaian tebal atau jaket saat berada di ruang yang dingin.
7. Jaga kadar cairan tubuh
Lebih dari 60% tubuh terdiri dari air. Menurut WHO, kebutuhan air minum orang dewasa rata-rata sekitar 8 gelas atau 2 liter. Anda harus memperbanyak minum air jika melakukan aktivitas berlebih seperti olah raga atau ketika cuaca panas. Kekurangan minum menyebabkan dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh lebih cepat lelah, daya tahan melemah, dan paparan virus bisa mudah menginfeksi.
8. Lakukan physical distancing
Ingat, virus corona belum ada obatnya. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, sering-seringlah cuci tangan dengan sabun dan lakukan physical distancing.untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.
9. Pakai masker.
Sesuai hasil penelitian masker kain dapatmenangkal virus sebesar 70% dengan demikian masyarakat diharapkan untuk tetapjaga jarak saat berada di keramaian minimal 1 sampai 2 meter dan apabila tidakmemiliki kegiatan penting diluar sebaiknya tetap tinggal di rumah, Semoga kita selalu sehat danterhindar dari infeksi virus corona.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

STATUSTIK USER

Total Tayangan Halaman

ALEXA RANK

Mengenai Saya

Foto saya
Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia