PANDUAN PELAKSANAAN FLS2N SMP TAHUN 2024

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

DOWNLOAD BUKU SISWA KURIKULUM MERDEKA KELAS 7

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

TUTORIAL MEMBUAT PERENCANAAN BULAN JULI-DESEMBER

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 08 April 2020

PANDUAN MENGERJAKAN E-RAPOR 0NLINE DARI RUMAH

Dampak pandemik COVID-19 semua aktifitas pendidikan difokuskan dari rumah. Tidak hanya pembelajaran di kelas saja yang idialihkan ke sistem online, tetapi kegiatan administrasi pendidikan seperti absensi, pengisian nilai juga dilakukan dari rumah. Nah jika sekolah anda menggunakan aplikasi E-rapor yang terintegrasi dapodik, maka telah kita ketahui bersama bahwa aplikasi ini berbasis Offline, Sangat berbahaya jika daerah anda masuk Zona Merah dan kemudian anda harus ke kumpul di kantor atau ruang guru  untuk mengerjakan erapor ini.

Solusinya kerjakan aplikasi e-rapor secara online dari rumah masing-masing.  Tapi disini peran aktif tentu ada pada operator dapodik di sekolah anda.sharusnya kepala sekolah mengetahui bahwa e-raport  bisa dikerjakan online dari rumah masing-masing. jadi bisa mengarahkan agar operator melakukan seting aplikasi agar bisa dikerjakan online dari rumah
Nah, jika anda seorang operator dapodik , maka silahkan ikuti  langkah-langkah dibawah ini. Panduan ini khusus untuk operator sekolah, tapi guru juga perlu tahu mungkin untuk memberi tahu operator nya yang belum tahu. Semoga dipaham.
Berikut langkah-langkahnya . :

1.INSTALL APLIKASI NGROK

Pertama : Download terlebih dahulu aplikasi NGROK melalui link yang tersedia di situs resminya ini : https://ngrok.com/download, nanti dilaman situs tersebut, pilih sesuai dengan sistem windows laptop anda, misal 64 bit atau 32 bit.
Kedua : Setelah aplikasi ngrok terinstall, silahkan rekan-rekan exctract terlebih dahulu aplikasinya sampai berubah file berformat EXE. Setelah itu, klik kanan aplikasi pilih run administrator

ketiga :Jika muncul notifikasi pilih YES. pada laman command prompt ketikkan perintah berikut "ngrok.exe http 3679" tanpa tanda petik, kemudian ENTER.

Ke empat :pada perintah yang muncul Selanjutnya copy url untuk login erapor online yang ditunjuk oleh panah dibawah ini. atau begini contohnya : "http://67095757.ngrok.io/" tanpa tanda petik.

Kelima :berikut share url tersebut ke guru-guru bisa melalui grup WA sekolah atau dijapri saja. Nah, pastikan juga laptop dapodik sebagai laptop utama dalam keadaan hidup dan sedang membuka aplikasi ngrok.

2. PANDUAN E-RAPOR ONLINE

1. Pastikan Aplikasi ngrok terbuka di laptop dapodik secara online dari rumah masing-masing.
2. Untuk Guru Siapkan paket internet dan pastikan jaringan internet harus stabil
3. Siapkan 1 buah laptop atau ponsel android (disarankan laptop)
4. Langkah-langkah membuka erapor online dari rumah sebagai berikut :
  • Buka Browser Google Chrome (Disarankan)
  • Pada Tab Browser Ketikkan Alamaterapor online yang dikirim oleh operator sekolah masing-masing. contoh : http://0fcd083f.Ngrok.Io/Login.Php (Tanpa Spasi)
  • kemudian enter
CARA LOGIN ERAPOR ONLINE
1. Pada form nama pengguna bagi guru pns silahkan isi dengan NIP
2. Untuk guru bukan pns isikan nama tanpa spasi dengan huruf kecil
3. Kata sandi isikan 123456
4. Kurikulum sekolah, pilih k2013 paket
5. Level pengguna pilih guru
6. Tahun pelajaran 2019/2020 genap
7. Klik login
PANDUAN SINGKAT PENGERJAAN E-RAPOR ONLINE DARI RUMAH (GURU)
1. Klik menu kompetensi dasar, cek apakah kd sudah sesuai dengan semester ini. Jika belum silahkan ubah.
2. Caranya klik mata pelajaran, kemudian edit data kompetensi. Ubah kd yg tidak sesuai lalu simpan.
3. Berikutnya klik menu Rencana Penilaian, mulailah membuat rencana penilaian pengetahuan, keterampilan, pilih kd butir sikap spiritual dan sosial dan simpan bobot ph, pts dan pas semua kelas. (jangan sampai terlewatkan)
4. Bagi guru yang ingin input nilai langsung dari erapor silahkan klik menu input nilai.
5. Cara input nilai pengetahuan,keterampilan, pts,pas : pilih kelas, mata pelajaran kemudian entrikan nilai sesuai kd dan klik simpan jika selesai
6. Bagi guru yang ingin input nilai lewat excel berikut caranya,
7. klik menu download format import, pilih kelas, mata pelajaran, kemudian klik "download format edit"
8. Catatan : download semua format penilaian excel mulai dari pengetahuan, keterampilan dan pts dan pas
9. Setelah nilai di entri, kirimkan format tersebut ke operator erapor (insya allah dibantu upload)
PANDUAN SINGKAT PENGERJAAN E-RAPOR ONLINE DARI RUMAH (WALI KELAS)
1. Login erapor, pada halaman utama, klik nama guru di pojok kanan atas, kemudian pilih level akses sebagai wali kelas
2. Klik menu input daftar nilai, Input kehadiran, nilai eskul, prestasi dan catatan wali kelas
3. Klik menu proses deskripsi sikap, pilih kelas , klik tombol simpan
4. Klik menu status penilaian untuk melihat guru yang sudah/belum melakukan penilaian
Semoga Bermanfaat
Share:

Selasa, 07 April 2020

Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis HOTS

Bimbingan Teknis Guru Sasaran 1

Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis HOTS In 1 Kegiatan 2 Waktu: 1 JP Bimbingan Teknis Guru Sasaran
2 Pengantar (5’)
3 Tujuan Menerangkan Keterampilan Berpikir Tingkat inggi (HOTS), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN)
4 Bahan Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional Bahan Presentasi Kertas post it Kertas plano
5 Skenario Pengantar dan pembagian 4 kelompok besar (5’) Brainstorming contoh penerapan PPK dan GLN di Post it (10’) Menempelkan dan mengkatogorikan post it contoh penerapan PPK dan GLN di kelompok (10’) Peserta melakukan wolking galerry ke kelompok lain (10’) Penguatan (10’)
6 Pembagian Kelompok Besar Kelas dibagi menjadi 4 kelompok besar Setiap kelompok dipimpin oleh ketua kelompok
7 Brainstorming contoh penerapan PPK dan GLN (10’) Setiap peserta menuliskan contoh penerapan PPK dan GLN di kertas post it
8 Penjelasan Contoh Penerapan PPK dan GLN (10’) Ketua kelompok memfasilitasi setiap anggota untuk menempelkan dan mengkategorikan post-it contoh penerapan PPK dan GLN pada kertas plano yang ditentukan fasilitator.
9 walking gallery (10’) Peserta melakukan walking gallery ke kelompok lain
10 Kategori contoh penerapan PPK dan GLN (10’) Ketua dan anggota kelompok mengkategorikan contoh penerapan PPK dan GLN
11 Penguatan (10’)
12 Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pembangunan SDM sebagai fondasi pembangunan bangsa Menghadapi kondisi degradasi akhlak, moral, dan budi pekerti Menghadapi dinamika dan tantangan era global Generasi emas 2045 yang berdaya saing dan berjiwa Pancasila
13 Penguatan 5 Nilai Utama Karakter Beriman dan Bertaqwa Menjalankan segala perintah-Nya Disiplin beribadah Bersih Peduli lingkungan lingkungan Memanfaatkan lingkungan dengan bijak Toleransi Saling enolong/menghormati Cinta damai Peduli sosial Cinta tanah air Semangat kebangsaan Menghargai kebhinnekaan Demokratis Rela berkorban Taat hukum Kerja keras (etos kerja) Kreatif dan inovatif Disiplin Tangguh Rasa ingin tahu dan menghargai prestasi Gemar membaca/pembelajar sepanjang hayat Kejujuran Keteladanan Tanggungjawab Antikorupsi Komitmen moral Cinta pada kebenaran Kerja sama Solidaritas Kekeluargaan Bersahabat/komunikatif Berorientasi pada kemaslahatan bersama Nilai Utama Religiositas Nasionalisme Kemandirian Gotong Royong Integritas
14 Strategi Implementasi PPK PPK BERBASIS KELAS Integrasi dalam mata pelajaran Optimalisasi muatan lokal Manajemen kelas PPK BERBASIS MASYARAKAT Orang tua, Komite Sekolah Dunia usaha Akademisi pegiat pendidikan Pelaku Seni, Budaya, Bahasa & Sastra Pemerintah & Pemda PPK BERBASIS BUDAYA SEKOLAH Pembiasaan nilai-nilai dalam keseharian sekolah Branding sekolah Keteladanan pendidik Ekosistem sekolah Norma, peraturan, dan tradisi sekolah 1 DIAJARKAN DIBIASAKAN DILATIH KONSISTEN MENJADI KEBIASAAN MENJADI KARAKTER MENJADI BUDAYA 1 2 3
15 Perpres Nomor 87/2017 Penguatan Pendidikan Karakter Penguatan Ekosistem Pendidikan Pengaturan hari Sekolah Revitalisasi Komite Sekolah (Permendikbud no. 75/2016 tentang komite sekolah) Revitalisasi kewajiban 8 jam guru di sekolah (PP no. 19/2017 tentang guru) Revitalisasi peran Kepala Sekolah sebagai manajer
16 Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018
17 PP nomor 19 tahun 2017 Kondisi saat ini Guru tidak dapat memenuhi 24 jam tatap muka Guru harus mencari tambahan jam di luar sekolah Guru tidak dapat fokus menjalankan fungsinya Beban Kerja Guru a.Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan b.Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan c.Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan d.Membimbing dan melatih peserta didik e.Melaksanakan tugas tambahan yang melekat Memudahkan guru memenuhi beban kerja Guru tidak perlu lagi cari- cari jam tambahan mengajar di luar sekolahnya untuk memenuhi beban kerja mengajar. Guru harus bertanggungjawab terhadap perkembangan siswanya.
18 Membangun Generasi Emas 2045 yang dibekali Keterampilan Abad 21 Religiositas Nasionalisme Kemandirian Gotong royong Integritas Keterampilan abad 21 yang dibutuhkan setiap siswa Literasi Dasar Bagaimana siswa menerapkan keterampilan dasar sehari-hari. Literasi bahasa Literasi numerasi Literasi sains Literasi digital (teknologi informasi & komunikasi) Literasi finansial Literasi budaya dan kewargaan Kompetensi Bagaimana siswa memecahkan masalah kompleks Berpikir kritis Kreativitas Komunikasi Kolaborasi 123 Sumber: Kemendikbud 2016 Kualitas Karakter Bagaimana siswa beradaptasi pada lingkungan yang dinamis. “Culture, Value, Imagination, Creativity, and Team Work” (Jack Ma)
19 Gerakan Literasi Nasional (GLN) Baca Tulis Digital
20 Program Literasi Kemendikbud GERAKAN LITERASI NASIONAL GerakanLiterasi Guru dan Tendik Gerakan Literasi Sekolah Gerakan Literasi Masyarakat Gerakan Literasi Bahasa dan Sastra Gerakan Literasi Keluarga Gerakan Literasi Budaya
21 GERAKAN LITERASI NASIONAL KOORDINASI KOMITMEN KEMITRAANKEBERLANJUTAN MILIK BERSAMA Prinsip Gerakan
23 DEFINISI  Melek pengetahuan dan kemampuan membaca dan menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan bahasa dan sastra secara cendekia. INDIKATOR MASYARAKAT - Angka melek aksara - Publikasi buku per tahun SEKOLAH - Skor PISA literasi membaca - Skor PIRLS literasi membaca - Rata-rata nilai UN Bahasa Indonesia - Rata-rata skor UKG Guru Bahasa Indonesia KELUARGA Jumlah bahan bacaan literasi bahasa yang dimiliki setiap keluarga Literasi Baca dan Tulis
24 INDIKATOR MASYARAKAT Jumlah dan variasi bahan bacaan numerasi yang dimiliki setiap desa Peningkatan frekuensi pemanfaatan bahan bacaan numerasi SEKOLAH Jumlah kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan numerasi berbasis proyek Peningkatan kecakapan multiliterasi melalui numerasi Tumbuhnya pandangan dan sikap positif terhadap numerasi KELUARGA Jumlah dan variasi bahan bacaan numerasi yang dimiliki setiap keluarga. Peningkatan frekuensi pemanfaatn bahan bacaan numerasi Peningkatan frekuensi kesempatan anak mengaplikasikan numerasi dalam kehidupan sehari-hari DEFINISI menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. menganalisis informasi dan mampu mengolahnya ke dalam berbagai macam bentuk presentasi numerasi (grafik, tabel, bagan, dsb.). membangun interpretasi terhadap informasi angka dan simbol numerik lainnya. Literasi Numerasi
25 DEFINISI  Kemampuan untuk menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan dalam rangka memahami serta membuat keputusan yang berkenaan dengan alam.  Seseorang disebut literat terhadap sains, jika memiliki kompetensi untuk: 1.Menjelaskan fenomena sains 2.Mengevaluasi & mendesain pengetahuan & keterampilan sains secara mandiri 3.Menginterpretasi data & bukti sains INDIKATOR MASYARAKAT Jumlah program yang berkaitan dengan lingkungan dalam suatu daerah SEKOLAH − Skor PISA literasi sains − Skor TIMSS literasi sains − Rata-rata skor UKG Guru IPA − Rata-rata nilai UN IPA KELUARGA Jumlah bahan bacaan literasi sains yang dimiliki setiap keluarga Literasi Sains
26 DEFINISI Kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi semata, tetapi juga kemampuan bersosialisasi, kemampuan dalam pembelajaran, maupun memiliki sikap, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetensi digital. INDIKATOR SEKOLAH − Ketersediaan akses internet di sekolah − Bahan literasi digital yang ada di sekolah KELUARGA Jumlah penduduk yang menggunakan komputer dan gawai berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin, tempat tinggal, dan lama waktu penggunaan per hari. MASYARAKAT − Jumlah penduduk yang mengakses internet berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin, tempat tinggal & lama waktu penggunaan / hari. − Penurunan angka penduduk yang terjerat kasus pelanggaran UU ITE menurut kelompok umur Literasi Digital
27 DEFINISI  Kemampuan untuk memahami bagaimana uang berpengaruh di dunia (bagaimana seseorang mengatur untuk menghasilkan uang, mengelola uang, menginvestasikan uang dan menyumbangkan uang untuk menolong sesama).  Rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, dan keterampilan konsumen dan masyarakat sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik. INDIKATOR Penurunan tingkat kemiskinan penduduk Indonesia SEKOLAH Jumlah siswa dan guru yang menggunakan produk layanan tabungan dan koperasi KELUARGA MASYARAKAT Jumlah penduduk usia produktif yang menggunakan produk layanan jasa keuangan (Tabungan, Asuransi, Saham, Lembaga Pendanaan, Dana Pensiun, Industri jasa keuangan syariah) Jumlah uang kartal yang beredar berkurang Literasi Finansial
28 DEFINISI  Kemampuan untuk memahami, menghargai dan berpartisipasi secara mahir dalam budaya.  Kemampuan untuk berpartisipasi secara aktif dan menginisiasi perubahan dalam komunitas dan lingkungan sosial yang lebih besar. INDIKATOR Penggunaan bahasa daerah di lingkungan keluarga Penurunan angka kejahatan dan pelanggaran anak di bawah umur SEKOLAH 1.Rata-rata nilai USBN - PKn 2.Jumlah sekolah yang memiliki aktivitas seni budaya & bahasa daerah (mulok, ekstrakulikuler) KELUARGA MASYARAKAT Jumlah penduduk Indonesia yang menguasai bahasa dan seni budaya daerah masing-masing Angka partisipasi dalam pemilu Literasi Budaya dan Kewargaan
29 Implementasi Literasi di Sekolah
30 GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) Sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. TUJUAN UMUM GLS Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
31 TUJUAN KHUSUS GLS
32 PRINSIP-PRINSIP LITERASI SEKOLAH Sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik berdasarkan karakteristiknya Dilaksanakan secara berimbang; menggunakan berbagai ragam teks dan memperhatikan kebutuhan peserta didik Berlangsung secara terintegrasi dan holistik di semua area kurikulum Kegiatan literasi dilakukan secara berkelanjutan Melibatkan kegiatan kecakapan berkomunikasi lisan Mempertimbangkan keberagaman A B C D E F
33 STRATEGI MEMBANGUN LITERASI SEKOLAH Mengkondisikan lingkungan fisik ramah literasi. Mengupayakan lingkungan sosial dan afektif. Mengupayakan sekolah sebagai lingkungan akademik yang literat. LINGKUNGAN FISIK LINGKUNGAN SOSIAL DAN AFEKTIF LINGKUNGAN AKADEMIK
34 Pelaksanaan Kegiatan Literasi di Sekolah Penumbuhan budaya literasi dan minat baca di sekolah, salah satunya melalui kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran Pengembangan kecakapan literasi melalui kegiatan nonakademik, misalnya kegiatan ekstrakurikuler dan kunjungan wajib ke perpustakaan Kegiatan intrakurikuler/pembelajaran Menggunakan strategi literasi Pembelajaran Pengembangan Pembiasaan
35 LITERASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) Menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman sebelumnya. Melakukan preview dan prediksi untuk meningkatkan pemahaman teks. Mengelola informasi dan menerapkan kerangka dan kategori yang bermaka. Mampu menggunakan pancaindra (melihat, mendengar, merasakan, membaui, atau mengecap) gambaran yang disampaikan dalam teks tulis. Memantau pemahaman secara mandiri. Mengevaluasi teks secara kritis. Memberikan penilaian terhadap bentuk dan/atau isi teks. Menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari teks untuk situasi baru. (Moore dkk. 2003)
36 Terima kasih
Share:

CONTOH SK TPMPS


 PEMERINTAH KABUPATEN …….
DINAS PENDIDIKAN ………

Jalan ………………………………………………………………………………….

                                           
SURAT KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH……………………………………….
NOMOR :            TAHUN 2020

T E N T A N G

PEMBENTUKAN TIM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH (TPMPS)

KEPALA SEKOLAH……………………………………….


Menimbang      :   a.   bahwa untuk memastikan seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang telah ditetapkan;  
                            b.   bahwa untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya Sistem Penjaminan Mutu di Sekolah …………………………………….;
                            c.   bahwa untuk maksud pada poin (b) tersebut di atas, perlu ditetapkan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Satuan Pendidikan Sekolah …………………………. Tahun Pelajaran 2019/2020;
                            d.   bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada poin (b) dan poin (c) di atas perlu ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah.;
Mengingat        :   1.   Undang – Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
                            2.  Peraturan Pemerintah nomor 1 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan;
                            3.   Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
                            4.   Permendiknas nomor 1 tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan dasar dan menengah;
                            5.   Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah
                            6.   Permendikbud nomor 23 tahun 2016 tentang standar proses penilaian dasar dan menengah;
                            7.   Permendikbud nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah;
SILAHKAN DI DOWNLOAD CONTOH SK NYA  DISINI
Share:

KISI KISI SENI BUDAYA 9 2019/2020

Dalam rangka menyongsong ujian sekolah maka sekalipun saat ini pros pembelajaran terganggu  administrasi ujian sekolah wajib di buat oleh guru mata pelajaran,termasuk penyusunan kisi kisi ujian sekolah .terkhusus seni budaya admin guru kreatif akan membagikan kisi kisi seni budaya kelas 9 yang dilengkapi dengan kunci jawaban.serta soal nya sudah dibuat dalam bentuk soal online yang telah di posting di blog guru kreatif ini.
silahkan bapak ibu guru mendownload pada link berikut
KISI KISI SENI BUDAYA  9 2019/2020
Share:

DOWNLOAD APLIKASI KKM SEMUA MAPEL KLS 7,8,9

 Menu Aplikasi KKM Kurikulum 2013 rev.2017 jenjang pendidikan SMP/MTs. untuk semua mata pelajaran yang admin bagikan ini sangat sederhana namun begitu besar manfaatnya bagi kita dalam menentukan penilaian ketuntasan minimal pada peserta didik. admin katakan sederhana karena hanya memuat beberapa menu navigasi untuk dapat mengoperasikannya, berikut menu-menunya :
1. Menu data
Menu Aplikasi KKM Kurikulum 2013 rev.2017 jenjang pendidikan SMP/MTs. untuk semua mata pelajaran yang admin bagikan ini sangat sederhana namun begitu besar manfaatnya bagi kita dalam menentukan penilaian ketuntasan minimal pada peserta didik. admin katakan sederhana karena hanya memuat beberapa menu navigasi untuk dapat mengoperasikannya,
2.menu navigasi halaman
Menu Navigasi Halaman memuat beberapa  icon-icon navigasi beberapa mata pelajaran dan icon lainnya, jadi silahkan di klik pada icon tersebut untuk masuk pada halaman yang di inginkan.
3.Menu Mata pelajaran
Menu mata pelajaran : setelah di isi data identitas yang dibutuhkan pada menu data di atas maka pada menu mata pelajaran ini otomatis sudah terisi sendiri data-data yang sesuai dengan kondisi sebenarnya pada satuan pendidikan, pada menu ini bapak/ibu tinggal mengisi atau mengedit nilai-nilai yang diperlukan, dan dilengkapi dengan rekap hasil KKM setiap mata pelajaran jadi tidak perlu lagi bapak/ibu untuk mengisi dan merubah pada kolom penilaian Kompetensi Dasar (KD) karena sudah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
silahkan download dan miliki pada link dibawah

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KURIKULUM 2013 REV.2017 SMP/MTs SEMUA MATA PELAJARAN :

1.   KKM-KK.13-SMP/MTs : BAHASA INDONESIA
2.   KKM-KK.13-SMP/MTs : BAHASA INGGRIS
3.   KKM-KK.13-SMP/MTs : ILMU PENGETAHUAN ALAM
4.   KKM-KK.13-SMP/MTs : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
5.   KKM-KK.13-SMP/MTs : MATEMATIKA
6.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
7.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
8.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
9.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENJASORKES
10. KKM-KK.13-SMP/MTs : PRAKARYA
11. KKM-KK.13-SMP/MTs : SENI BUDAYA
12. KKM-KK.13-SMP/MTs : REKAPITULASI KKM
partner Kinasih dalam penyusunan Aplikasi ini  : sdasemrudungsatu.blogspot.com
Share:

STATUSTIK USER

Total Tayangan Halaman

ALEXA RANK

Mengenai Saya

Foto saya
Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia