PANDUAN PELAKSANAAN FLS2N SMP TAHUN 2024

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

DOWNLOAD BUKU SISWA KURIKULUM MERDEKA KELAS 7

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

TUTORIAL MEMBUAT PERENCANAAN BULAN JULI-DESEMBER

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 24 Mei 2024

PANDUAN PELAKSANAAN FLS2N SMP Tahun 2024

 

Juknis atau Pedoman FLS2N SMP Tahun 2024

Juknis atau Pedoman FLS2N SMP Tahun 2024. Penyelenggaraan FLS2N SMP sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik berkebutuhan khusus karena melalui FLS2N SMP akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. FLS2N SMP menggali potensi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik SMP. Selain itu diharapkan agar peserta didik dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh peserta didik sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan berbagai ajang talenta di berbagai bidang dalam kerangka kebijakan Manajemen Talenta Nasional (MTN), diantaranya Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada potensi minat dan bakat peserta didik. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar dan karir profesional peserta didik.

FLS2N SMP/MTs/Sederajat diselenggarakan secara bertingkat dari tingkat daerah hingga tingkat nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial di bidang seni budaya

Petunjuk Teknis (Juknis) dan Pedoaman Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FLS2N SMP/MTs/Sederajat kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Diharapkan dengan pedoman ini penyelenggaraan FLS2N SMP/MTs/Sederajat dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selamat mempersiapkan diri, belajar dan berlatih hinggai mencapai prestasi yang membanggakan.

Berdasarkan Pedoman atau Petunjuk Teknis Juknis atau Pedoman FLS2N SMP Tahun 2024, tujuan diadakannya Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2024 adalah 1) Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni; 2) Menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi dikancah Internasional; 3) Meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa; 4) Membangun persahabatan dan karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman; 5) Mempererat persatuan dan kesatuan peserta didik seluruh Indonesia.

Tema FLS2N SMP Tahun 2024 adalah MERDEKA BERPRESTASI, TALENTA SENI MENGINSPIRASI” Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni dengan tagar #merdekaberprestasitalentasenimenginspirasi#. Adapun hasil yang diharapkan dari Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2024 adalah: 1) Tersedianya wadah bagi peserta didik sekolah dasar untuk berkreasi dibidang seni; 2) Meningkatnya ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa; 3) Meningkatnya kreativitas dan motivasi untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan pada bidang seni; 4) Tumbuhnya sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sekolah dasar; 5) Memberikan pengalaman bagi peserta didik untuk memahami makna keberagaman dan perbedaan, khususnya dalam hal seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) dan Pedoman Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2024, bidang yang dilombakan dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2024 adalah 1) Ansambel Campuran; 2) Ilustrasi; 3) Kreativitas Musik Tradisional; 4) Menyanyi Solo; 5) Pantomiml; dan 6) Tari Kreasi. Adapun Sasaran Peserta FLS2N SMP tahun 2024 adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah / Sederajat dan peserta didik perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN)

Pelaksanaan FLS2N SMP tahun 2024 dilaksanakan melalui seleksi tingkat satuan pendidikan (sekolah), seleksi tingkat kabupaten/kota, seleksi tingkat provinsi, pelaksanaan tingkat nasional dengan mengikuti standar prosedur pelaksanaan seleksi yang ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia. Pelaksanaan FLS2N SMP tahun 2024 dilaksanakan dengan 2 (dua) metode yaitu daring atau luring sesuai dengan kebijakan masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Selanjutnya dalam Petunjuk Teknis Juknis atau Pedoman FLS2N SMP Tahun 2024, dinyatakan bahwa persyaratan Peserta FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) SMP Tahun 2024 adalah sebagai berikut

  1. Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (FLS2N SMP /sederajat) Tahun 2024 adalah peserta didik sekolah Menengah Pertama yang tercatat sebagai peserta didik SMP/sederajat dan peserta didik dari perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.
  3. Peserta didik tersinkronisasi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PD Data.
  4. 1 (satu) Sekolah dapat mendaftarkan maksimal 2 (dua) orang peserta atau tim, pada cabang lomba yang sama.
  5. Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N SMP di tingkat Nasional pada cabang lomba dan jenjang yang sama.
  6. Kriteria usia peserta FLS2N SMP Tahun 2024 saat melaksanakan registrasi, merupakan Peserta Didik lahir setelah tanggal 1 Januari tahun 2012;
  7. Operator sekolah peserta melakukan registrasi atau pendaftaran peserta pada bulan Februari s.d. Maret 2024.

Adapun Jadwal Pelaksanaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2024 adalah sebagai berikut

  1. Sosialisasi FLS2N tanggal 14 s.d.16 Februari 2024
  2. Pendaftaran Peserta FLS2N tanggal 16 Februari s.d. 31 Maret 2024
  3. Proses Seleksi tingkat Kabupaten/Kota Maret s.d. April 2024
  4. Seleksi di tingkat Provinsi tanggal 8 s.d. 12 Juli 2024
  5. Penyampaian hasil karya terbaik seleksi tingkat Provinsi ke BPTI Paling lambat tanggal 20 Juli 2024
  6. Tahap Semifinal Tingkat Nasional (Daring) tanggal 29 Juli s.d. 2 Agustus 2024
  7. Tahap Final FLS2N SMP Tingkat Nasional (Luring) tanggal 8 s.d. 14 September 2024

Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis (Juknis) dan Pedoman Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tahun 2024. Link download Pedoman FLS2N SMP Tahun 2024 

Demikian pemebritahuan tentang Petunjuk Teknis Juknis atau Pedoman FLS2N SMP Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya

Share:

PANDUAN PELAKSANAAN OSN 2024

Sebagai informasi bahwa di dalam buku Panduan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SD dan SMP Tahun 2024 ini ada beberapa menu informasi yang bisa anda dapatkan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

MEKANISME PELAKSANAAN, yang meliputi :

A.    PENDAHULUAN

B.    BIDANG DAN CABANG LOMBA

1.     Jenjang SD/MI/Sederajat

2.     Jenjang SMP/MTs/Sederajat

C.    MEKANISME LOMBA, yang meliputi :

1.     Jenjang SD/MI/Sederajat

2.     Jenjang SMP/MTs/Sederajat

D.    JADWAL PELAKSANAAN

1.     Jenjang SD/MI/Sederajat

2.     Jenjang SMP/MTs/Sederajat

E.     LOKASI PELAKSANAAN

 

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI OSNK BERBASIS ANBK, yang meliputi :

A.    TUGAS DAN KEWAJIBAN UNSUR PELAKSANA, yang meliputi :

1.     Dinas Pendidikan Kab/Kota memiliki kewajiban untuk:

2.     Tugas Sekolah/satuan pendidikan

3.     Tugas Peserta OSN-K

B.    SARANA DAN PRASARANA PENUNJANG PELAKSANAAN, yang meliputi :

1.     Umum

2.     Perangkat jaringan

3.     Komputer

4.     Topologi jaringan

5.     Ruangan Tes

 

Untuk lebih jelas mengenai pelaksanaan OSN tingkat kab/kota untuk jenjang SD dan SMP, maka silahkan simak penjelasan lengkapnya melalui buku Panduan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SD dan SMP Tahun 2024 yang telah admin kherysuryawan siapkan filenya di bawah ini :

 

  • Panduan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SD dan SMP Tahun 2024 – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai Panduan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SD dan SMP Tahun 2024. Semoga informasi ini bisa membantu sekolah-sekolah yang akan mengikuti ajang lomba OSN pada jenjang SD dan SMP tingkat Kab/Kota di Tahun 2024 ini.

Share:

CARA LOGIN BAGI PESERTA OSN

 

sebagai informasi bahwa jika pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan OSN di laksanakan dengan menggunakan aplikasi mobile maka di tahun ini pelaksanaan OSN telah menggunakan berbasis ANBK sehingga dalam pelaksanaannya peserta menggunakan laptop/komputer yang telah terinstal aplikasi exambrow client.


lantas bagaimana cara untuk melakukan login peserta OSN Berbasis ANBK ?

melalui postingan ini admin  akan memberikan sedikit penjelasan mengenai cara login bagi peserta OSN agar bisa mengikuti simulasi ataupun pelaksanaan OSN.


CARA LOGIN BAGI PESERTA OSN DI APLIKASI EXAMBROW CLIENT

  • Pertama-tama proktor harus terlebih dahulu menginstal exambrow client di komputer yang akan di gunakan oleh peserta OSN
  • Setiap peserta wajib memiliki kartu peserta yang akan di gunakan sebagai akun login di exambrow OSN
  • Peserta membuka exambrow OSN



  • Peserta memasukkan username dan password sesuai dengan yang ada di kartu masing-masing peserta
  • Selanjutnya klik "login"
  • Kemudian isi data sesuai dengan yang ada di kartu peserta dan masukkan Token yang dapat di peroleh melalui Proktor
  • Pastikan semua data yang telah di masukkan telah benar dan jika semua data sudah di input dengan benar silahkan klik "submit" untuk melanjutkan
  • Kemudian klik "mulai" untuk memulai mengerjakan soal OSN


Bagaimana mudah bukan, nah demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk bisa melakukan login ke aplikasi OSN bagi peserta yang akan mengikuti ajang kompetisi OSN. Semoga informasi ini dapat membantu siswa-siswi dan pihak sekolah yang akan mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Share:

Kamis, 16 Mei 2024

SOSOAL SUMATIF AKHIR TAHUN SBDP SENI RUPA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA

 

Petunjuk:

  • Pilihlah satu jawaban yang paling tepat untuk setiap soal.

  • Kerjakan soal dengan teliti dan hati-hati.

Soal:

  1. Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut termasuk jenis gambar apa?

A. Flora 

B. Fauna 

C. Abstrak 

D. Geometris


  1. Manakah dari alat berikut yang paling tepat digunakan untuk menggambar garis tipis dan halus?

A. Pensil 2B 

B. Pensil 6H 

C. Spidol 

D. Krayon

  1. Teknik menggambar yang menghasilkan efek gradasi terang dan gelap pada gambar disebut?

A. Shading 

B. Blending 

C. Stippling 

D. Hatching

  1. Prinsip seni rupa yang mengatur keseimbangan unsur-unsur dalam gambar disebut?

A. Proporsi 

B. Komposisi 

C. Perspektif 

D. Tekstur

  1. Manakah dari karya seni berikut yang merupakan contoh gambar cerita?

A. Pemandangan sawah di pagi hari 

B. Potret seorang anak kecil 

C. Ilustrasi buku dongeng 

D. Motif batik

  1. Manakah dari teknik berikut yang digunakan untuk menggambar garis tebal dan tegas?

A. Pensil 2B 

B. Pensil 6H 

C. Spidol 

D. Krayon

  1. Teknik menggambar yang menggunakan garis bantu disebut?

A. Shading 

B. Blending 

C. Grid

D. Hatching

  1. Prinsip seni rupa yang mengatur ukuran dan perbandingan antar unsur dalam gambar disebut?

A. Proporsi 

B. Komposisi 

C. Perspektif 

D. Tekstur

  1. Pehatikan karya seni berikut termasuk motif apakah gambar tersebu ?
 
A. Geometris

B. Figuratif

C. Organis

D. Motif batik

  1. Tujuan utama menggambar adalah?

A. Menghiasi benda 

B. Menghibur orang lain 

C. Mengekspresikan diri 

D. Mengkomunikasikan ide

Unit 2: Mendesain

  1. Tahap selanjutnya setelah menentukan ide dan konsep desain adalah?

A. Menentukan ide dan konsep desain 

B. Membuat sketsa desain 

C. Memilih bahan dan alat 

D. Menerapkan desain pada media

  1. Prinsip desain yang menekankan pada keragaman dan keunikan dalam desain disebut?

A. Kesatuan 

B. Keseimbangan 

C. Kontras 

D. Variasi

  1. Manakah dari perangkat lunak berikut yang merupakan contoh aplikasi desain vektor?

A. Microsoft Word 

B. Adobe Photoshop 

C. Microsoft Excel 

D. CorelDraw

  1. Prinsip desain yang menekankan pada keterkaitan antar unsur dalam desain disebut?

A. Kesatuan 

B. Keseimbangan 

C. Kontras 

D. Kesederhanaan

\Manakah dari contoh berikut yang merupakan contoh desain komunikasi visual?

A. Logo perusahaan 

B. Poster film 

C. Website 

D. Bangunan rumah

16. Langkah awal dalam proses mendesain adalah?

A. Menentukan ide dan konsep desain 

B. Membuat sketsa desain 

C. Memilih bahan dan alat 

D. Menerapkan desain pada media

17. Unsur-unsur utama dalam desain grafis adalah?

A. Garis, bentuk, warna, dan tekstur 

B. Suara, cahaya, dan ruang 

C. Gerak, waktu, dan dimensi 

D. Ide, konsep, dan teknik

18. Manakah dari perangkat lunak berikut yang paling umum digunakan untuk mendesain grafis?

A. Microsoft Word 

B. Adobe Photoshop 

C. Microsoft Excel 

D. Google Slides

19. Prinsip desain yang menekankan pada kesederhanaan dan kemudahan pemahaman disebut?

A. Kesatuan 

B. Keseimbangan 

C. Kontras 

D. Kesederhanaan

20. Manakah dari contoh berikut yang merupakan contoh desain produk?

A. Logo perusahaan 

B. Poster film 

C. Website 

D. Bangunan rumah

  1. Manakah dari pernyataan berikut yang paling tepat menggambarkan tipografi?

A. Tipografi hanya tentang memilih jenis huruf yang tepat. 

B. Tipografi hanya tentang mengatur jarak antar huruf. 

C. Tipografi adalah kombinasi dari memilih jenis huruf, mengatur jarak antar huruf, dan mengatur tata letak huruf. 

D. Tipografi adalah seni menggambar huruf.

  1. Elemen-elemen penting dalam tipografi adalah?

A. Jenis huruf, ukuran huruf, dan warna huruf. 

B. Jenis huruf, spasi antar huruf, dan tata letak huruf. 

C. Jenis huruf, ukuran huruf, spasi antar huruf, dan tata letak huruf. 

D. Jenis huruf, ukuran huruf, spasi antar huruf, tata letak huruf, dan warna huruf.

  1. Jenis huruf yang umum digunakan dalam desain logo adalah?

A. Serif, sans serif, dan script. 

B. Serif, sans serif, script, dan dekoratif. 

C. Serif, sans serif, script, dekoratif, dan modern. 

D. Serif, sans serif, script, dekoratif, modern, dan gothic.

  1. Logo adalah simbol visual yang mewakili sebuah perusahaan, organisasi, atau produk. Logo yang efektif harus?

A. Sederhana dan mudah diingat. 

B. Unik dan menarik perhatian. 

C. Sesuai dengan identitas merek. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Langkah-langkah dalam mendesain logo adalah?

A. Menentukan ide dan konsep logo. 

B. Membuat sketsa logo. 

C. Memilih jenis huruf dan warna logo. 

D. Menerapkan desain logo pada media. 

E. Semua jawaban di atas.

  1. Prinsip-prinsip desain yang penting dalam mendesain logo adalah?

A. Kesatuan, keseimbangan, kontras, dan hirarki. 

B. Kesatuan, keseimbangan, kontras, dan irama. 

C. Kesatuan, keseimbangan, kontras, dan proporsi. 

D. Kesatuan, keseimbangan, kontras, hirarki, irama, dan proporsi.

  1. Perangkat lunak yang umum digunakan untuk mendesain logo adalah?

A. Microsoft Word. 

B. Adobe Illustrator. 

C. Microsoft Excel. 

D. Google Slides.

  1. Contoh logo yang terkenal dan efektif adalah?

A. Logo Apple. 

B. Logo Nike. 

C. Logo Coca-Cola. 

D. Semua jawaban benar.

  1. Logo yang baik dapat membantu sebuah perusahaan atau organisasi untuk?

A. Meningkatkan brand awareness. 

B. Membangun citra merek yang positif. 

C. Meningkatkan penjualan produk atau layanan. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Tipografi dan logo memiliki peran penting dalam desain grafis karena?

A. Tipografi dan logo dapat membantu menyampaikan pesan secara visual. 

B. Tipografi dan logo dapat membuat desain lebih menarik dan estetis. 

C. Tipografi dan logo dapat membantu membangun identitas merek yang kuat. 

D. Semua jawaban di atasbenar

  1. Seni dapat menjadi alat yang ampuh untuk mendorong perubahan sosial. Manakah dari pernyataan berikut yang paling tepat menggambarkan seni untuk perubahan?

A. Seni untuk perubahan adalah seni yang hanya dibuat untuk menghibur orang. 

B. Seni untuk perubahan adalah seni yang hanya dibuat untuk mengkritik pemerintah. 

C. Seni untuk perubahan adalah seni yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah sosial dan mendorong aksi untuk perubahan. 

D. Seni untuk perubahan adalah seni yang hanya dibuat untuk orang kaya dan berkuasa.

  1. Bentuk-bentuk seni yang umum digunakan dalam seni untuk perubahan adalah?

A. Lukisan, patung, dan instalasi. 

B. Musik, tari, dan teater. 

C. Film, video, dan fotografi. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Contoh seniman yang terkenal dengan karyanya dalam seni untuk perubahan adalah?

A. Frida Kahlo. 

B. Banksy. 

C. Yoko Ono. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Seni untuk perubahan dapat digunakan untuk?

A. Meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan. 

B. Mendorong toleransi dan keberagaman. 

C. Memperjuangkan hak asasi manusia. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Bagaimana Anda dapat berkontribusi dalam seni untuk perubahan?

A. Buatlah karya seni yang mengangkat isu-isu sosial yang Anda pedulikan. 

B. Bergabunglah dengan organisasi seni yang fokus pada perubahan sosial. 

C. Gunakan media sosial untuk menyebarkan kesadaran tentang masalah sosial. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Seni untuk perubahan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah?

A. Meningkatkan keindahan dunia. 

B. Menghibur orang-orang. 

C. Menghasilkan uang bagi seniman. 

D. Meningkatkan kesadaran tentang masalah sosial dan mendorong aksi untuk perubahan.

  1. Tantangan dalam berkarya seni untuk perubahan adalah?

A. Kurangnya bahan dan alat seni. 

B. Kurangnya dukungan dari masyarakat. 

C. Kesulitan dalam menyampaikan pesan secara efektif. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Bagaimana cara mengatasi tantangan dalam berkarya seni untuk perubahan?

A. Bekerja sama dengan seniman lain. 

B. Menggalang dana dari masyarakat. 

C. Menggunakan media sosial untuk menyebarkan karya seni. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Seni untuk perubahan dapat menjadi alat yang efektif untuk?

A. Mengubah kebijakan pemerintah. 

B. Mendidik masyarakat tentang masalah sosial. 

C. Memotivasi orang untuk mengambil tindakan. 

D. Semua jawaban di atas.

  1. Seni untuk perubahan adalah?

A. Sebuah tren yang sedang berkembang. 

B. Sebuah bentuk seni yang baru. 

C. Sebuah gerakan global yang menggunakan seni untuk menciptakan perubahan positif di dunia. 

D. Sebuah cara untuk menghasilkan uang.

                            



                                                        SELAMAT BELAJAR
















Share:

Minggu, 04 Februari 2024

Pameran seni Rupa

Berikut rangkuman lengkap materi Seni Budaya kelas 9 bab 9 yang membahas

tentang Pameran. Rangkuman ini disusun dari buku paket BSE edisi K13 revisi terbaru yang diterbitkan oleh Kemdikbud RI.

Sehingga rangkuman materi di halaman ini bersumber dari buku terpercaya yang kredibel. Semoga bermanfaat sebagai bahan belajar kamu di rumah atau di sekolah.

Pameran dipimpin/ dikoordinir oleh kurator yang berperan menentukan arah dan tujuan pameran, memberi materi pameran, dan mengoleksi karya yang akan dipamerkan.

Karya seni rupa yang bisa dipamerkan yaitu : Lukisan, Patung, Kriya, Tekstil dan sebagainya.

Berdasarkan jenis karyanya, pameran ada 2 yaitu :

1. Pameran Homogen : hanya memamerkan satu jenis karya saja, misalnya pameran lukisan, pameran patung, pameran kriya, pameran seni grafis, dan sebagainya. Contoh pameran homogen :

2. Pameran Heterogen : memamerkan berbagai macam jenis karya seni, misalnya pameran seni rupa yang menampilkan lukisan, patung, kriya, batik, grafis, dan sebagainya. Contoh pameran heterogen 

Berdasar jumlah peserta, pameran ada 2 yaitu :

1. Pameran Tunggal : pameran yang dilaksanakan perorangan, hasil karya yang dipamerkan merupakan karya seni satu orang saja

2. Pameran Kelompok : pameran yang diikuti peserta lebih dari satu, beberapa orang/anggota suatu kelompok, misalnya kelompok kelas 9 SMP, kelompok mahasiswa, kelompok kekerabatan, dan sebagainya.

Berdasar tempat pelaksanaan, pameran ada 2 yaitu :

1. Pemeran di dalam ruangan (indoor) : pameran dengan setting tertutup, penyelenggarannya harus memperhatikan penataan, unsur cahaya, dan sirkulasi pengunjung.

2. Pameran di luar ruang (outdoor) : penyelenggaraan pameran ini untuk karya-karya yang tahan terhadap suhu ruang terbuka, contohnya patung batu, meskipun bisa juga pameran lukisan atau keramik.

Fungsi Pameran di Sekolah sebagai :

1. Media penampilan jati diri siswa

2. Sarana peningkatan daya ekspresi bagi siswa

3. Media memperluas cakrawala pengetahuan seni

4. Media komunikasi antarsiswa dengan apresiator

5. Sarana perangsang kreativitas siswa dalam berkarya seni

6. Wahana pemunculan ide, aliran, dan jenis seni rupa baru bagi siswa

Kepanitiaan pameran ada 2 yaitu :

1. Panitia Pengarah (Steering Committee) : bertugas memberi arahan, nasihat, dan petunjuk kepada panitia pelaksana dalam menjalankan tugasnya

2. Panitia Pelaksana (Organizing Committee) : bertugas melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan dari awal sampai akhir

Rencana kerja adalah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dari awal sampai akhir dalam pameran. Rencana kerja perlu disusun agar semua kegiatan dan langkah kerja panitia terprogram dengan baik. Rencana kerja tertuang dalam sebuah rumusan yang disebut proposal.

Proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan rinci untuk kegiatan formal, merupakan usulan kegiatan yang perlu dukungan/persetujuan pihak lain. Proposal disusun oleh ketua pelaksana, wakil ketua, sekretaris dan bendahara pameran, disusun berdasar pertimbangan, arahan, ataupun petunjuk oleh pembina.

Jadwal kerja adalah urutan kegiatan yang berhubungan dengan waktu pelaksanaan suatu rencana kegiatan. Jadwal kegiatan dibuat setelah rencana kerja dari setiap seksi terkumpul.

Jadwal kerja disusun oleh sekretaris yang mengacu pada konsep ketua, ditulis dan dipasang di ruang panitia agar mudah diketahui dan dilaksanakan sesuai dengan tugas masing- masing.

Perencanaan pameran yang baik harus mencakup tentang : Materi, Kelengkapan, Tempat penyelenggaraan, Publikasi, Waktu penyelenggaraan, Dekorasi, Anggaran kegiatan dan Kepanitiaan

Tahap penyelenggaraan Pamer 

Persiapan Penyelenggaraan Pameran :

1. Publikasi kegiatan baik melalui siaran radio, spanduk, selebaran, undangan, maupun yang lainnya

2. Mengadakan seleksi terhadap karya yang dikumpulkan

3. Menyediakan perlengkapan pameran yang meliputi sketsel, papan panel, meja, label karya, buku tamu, tanaman hias, sound system, dan sebagainya

4. Menyiapkan ruang pameran

5. Menyusun acara pembukaan dan penutupan

6. Penataan Ruang Kegiatan :

  Mendekorasi ruang pameran

  Memajang karya seni rupa yang akan dipamerkan pada tempat yang sesuai

  Menempel label karya pada setiap benda seni dengan data yang komplit yang meliputi nama pembuat/pencipta, asal sekolah/ kelas, judul karya seni, jenis karya seni, bahan yang digunakan, dan teknik yang digunakan

  Mengatur alur transportasi pengunjung

  Memasang meja dan kursi penerima tamu/informasi dan tempat untuk meletak buku pesan-kesan

  Memasang lampu sorot di tempat yang membutuhkan   Pelaksanaan :

1. Susunan acara pembukaan

2. Pembawa acara/MC

3. Pengarah acara

4. Penempatan petugas jaga stan

5. Buku tamu dan buku pesan-kesan

6. Penampilan hiburan penyerta

7. Pengadaan dokumentasi

8. Upacara penutupan

9. Kepanitiaan Pameran

Berikut contoh penataan dan ruang sirkulasi pameran :

Evaluasi pameran ada 2 yaitu : 1). Evaluasi proses, adalah evaluasi mulai perencanaan pameran sampai proses kegiatan 2). Evaluasi hasil, adalah hasil yang diperoleh secara keseluruhan dari kegiatan pameran.

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh setiap seksi, cara mengatasi persoalan yang ada dan mengetahui keadaan keuangan pada kegiatan yang dilaksanakan. Hasil evaluasi dapat dipergunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan pada pameran selanjutnya.

Manfaat evaluasi yaitu Memberikan umpan balik bagi panitia maupun pihak lain dan Sebagai tolok ukur atas keberhasilan suatu kegiatan

Evaluasi dilaksanakan setelah kegiatan pameran selesai. Panitia diberi waktu yang cukup untuk menyiapkan laporan tentang hal yang telah dikerjakan, meliputi :

1. Sistem Kerja : dimulai dari persiapan sampai akhir, evaluasi dari seluruh rangkaian kegiatan, yang meliputi cara kerja tiap personal, pengorganisasian kerja, kerja sama antarpanitia maupun antarseksi

2. Pembiayaan : laporan pertanggungjawaban bendahara terhadap dana yang masuk dan keluar. Perlu dicermati bahwa dana yang keluar sesuai rencana anggaran yang telah ditetapkan

3. Personalia Kepanitiaan : informasi tentang masing-masing anggota panitia mengelola pameran, menyangkut tanggung jawab, penguasaan, dan ketepatan antara bidan

tugas dengan keahlian yang dimiliki. Penilaian terhadap figur personalia sangat penting pada kesempatan mendatang.

4. Bentuk Pameran : mengevaluasi bentuk pameran yang telah selesai dilaksanakan sudah sesuai dengan maksud, tujuan, dan tema yang telah ditetapkan

5. Pelaksanaan Pameran : meliputi jalannya acara, banyak penonton/pengunjung, dan banyaknya hasil karya seni yang dipamerkan. Hal tersebut sebagai bahan perbaikan di masa mendatang

6. Laporan dari masing-masing seksi : laporan ini sangat penting, yang diwakili oleh koordinator dari masing-masing seksi.

Laporan tersebut berisi kedisiplinan setiap anggota seksi, tanggung jawabnya terhadap bidang tugas masing-masing, kendala dalam melaksanakan tugas dan cara mengatasinya.

Dari laporan-laporan tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk pelaksanaan pameran pada masa mendatang dengan lebih baik.

Daftar Pustaka :

Milasari, Heru S., Siti M., dan Jelmanto. 2018. Seni Budaya SMP/MTs IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.


Share:

STATUSTIK USER

Total Tayangan Halaman

ALEXA RANK

Mengenai Saya

Foto saya
Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia