PANDUAN PELAKSANAAN FLS2N SMP TAHUN 2024

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

DOWNLOAD BUKU SISWA KURIKULUM MERDEKA KELAS 7

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

TUTORIAL MEMBUAT PERENCANAAN BULAN JULI-DESEMBER

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 02 Agustus 2024

KUNCI JAWABAN PAI KELAS 9 HALAMAN 22-25

 1. Lengkapi ayat pada Q.S. al-Mujadilah [58]: 11 berikut:

PAI Kelas 9 Halaman 22 Nomor 1
PAI Kelas 9 Halaman 22 Nomor 1

Jawaban: D

2. Ketika membaca Al-Qur’an menjumpai tanda waqaf saktah, maka tanda tersebut menunjukkan...

A. Harus berhenti
B. Lebih utama berhenti
C. Boleh berhenti dan boleh terus
D. Berhenti sejenak tanpa mengambil nafas

Jawaban: D

3. Al-Qur’an merupakan pesan Allah Swt. untuk manusia agar menggapai kebaikan hidup. Dari pernyataan tersebut, Al-Qur’an berfungsi …

A. Memberi petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui
B. Menjadikan amal bagi yang membacanya
C. Memberi penguatan pada kehidupan
D. Menjelaskan isi hadis

Jawaban: A


4. Setiap ayat dan surat dalam Al-Qur’an memiliki kandungan makna yang dapat dipetik hikmahnya oleh manusia, sehingga menjadi pendorong untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Berdasarkan surat AlMujadilah ayat 11, ada dua golongan yang akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Golongan tersebut adalah …

A. orang yang bersyukur dan bertawakal
B. orang yang taqwa dan sabar
C. orang yang berikhtiar dan berdo’a
D. orang yang beriman dan berilmu

Jawaban: D

5. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Diangkat derajatnya oleh Allah SWT
2) Memperoleh kekayaan yang ia inginkan
3) Memperoleh kehidupan yang layak ketika di dunia
4) Di masyarakat akan dihormati dan dihargai orang lain
Dari pernyataan tersebut, yang bukan termasuk manfaat dari perilaku semangat dalam mencari ilmu,

 ditunjukkan nomor...

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Jawaban: B


6. Sebagai muslim hendaknya meyakini bahwa orang-orang yang berilmu pasti tidak akan sama dengan orang yang tidak berilmu. Pernyataan tersebut merupakan kandungan isi dari lafadz…

PAI Kelas 9 Halaman 23 Nomor 6
PAI Kelas 9 Halaman 23 Nomor 6
PAI Kelas 9 Halaman 24 Nomor 6 (1)
PAI Kelas 9 Halaman 24 Nomor 6 (1)

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Jawaban: A


7. Allah Swt. membandingkan karakteristik orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmumelaluiQ.SAz-Zumar[39]: 9 tentumengandung tujuan bagi manusia, yaitu agar manusia …

A. semangat menuntut ilmu
B. senantiasa bersabar
C. senantiasa bersyukur
D. semangat bersedekah

Jawaban: A

8. Ilmu Allah sangat luas, sehingga digambarkan dengan hamparan alam yang terbentang di daratan dan lautan bahkan ruang angkasa, tak pernah kering untuk dibaca, diteliti, dan ditulis. Allah Swt. adalah Zat yang Maha Berilmu. Asmaul Husna yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …

A. Al-Malik
B. Al-‘Adil
C. Al-Hakim
D. Al-‘Alim


Jawaban: D

9. Perhatikan pernyataan berikut!

1) ilmu yang berguna bagi orang lain
2) ilmu yang diajarkan kepada orang lain
3) ilmu yang diakui oleh orang lain
4) ilmu yang membawa cahaya untuk dirinya
5) ilmu yang menjadikan pemiliknya dihormati

Hal yang selalu menyertai orang yang sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat. Di antara tanda ilmu yang bermanfaat adalah…..

Jawaban: A

10. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Masuk sekolah tepat waktu
2) Rajin mengerjakan Salat Tahajud
3) Belajar dengan sungguh-sungguh
4) Disiplin mengerjakan tugas dari guru
5) Selalu memperhatikan penjelasan guru
6) Memberikan contekan pada teman
7) Memperbanyak zikir dan doa kepada Allah Swt

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk contoh paling tepat dari perilaku semangat mencari ilmu, ditunjukkan pada nomor.…

A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C.5 dan 6
D.6 dan 7

Jawaban: B


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Mengapa setiap umat Islam diwajibkan mencari ilmu?

Jawaban:

Setiap umat Islam diwajibkan mencari ilmu karena ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia, dan tanpa ilmu orang Islam tidak akan dapat melaksanakan kewajiban dari Allah Swt. dengan benar.

2. Tidaklah sama antara orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu. Coba kalian analisis, apa saja hal yang membedakan keduanya?

Jawaban:

Orang berilmu membedakan kebenaran dan kezaliman, membedakan halal dan haram; sedang orang yang tidak berilmu sebaliknya.

3. Jelaskan kaitan antara pentingnya menuntut ilmu dan meraih cita-cita!

Jawaban:

Meraih cita-cita harus diiringi dengan usaha, dan usahanya dengan menuntut ilmu; sehingga menuntut ilmu adalah dalam rangka meraih cita-cita.


4. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan saat menuntut ilmu!

Jawaban:

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menuntut ilmu adalah berniat dengan ikhlas, berdoa, bersungguh-sungguh, antusias terhadap ilmu yang disampaikan guru, menghindari perbuatan dosa, menghindari sifat sombong dan rasa malu, menyerahkan hasilnya kepada Allah Swt., berusaha mendakwahkan ilmu kepada orang lain.

5. Bagaimana akibatnya jika kita memiliki ilmu namun tidak diamalkan?

Jawaban:

Akibatnya ilmu yang dimiliki menjadi ilmu yang tidak bermanfaat, seperti pepatah “pohon yang tak berbuah”

Disclaimer:

- Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

- Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.


SEMOGA BERMANFAAT

Share:

Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 23-26

 Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Anak anak siswa Kelas 8 kali ini Admin akan membagikan kunci jawaban soal buku PAI Kelas 8 halaman 23-26 namjun sebelumnya bisa di lihat buku siswa Pendidikan Agama Islam kelas 8 DISINI

BERIKUT KUNCI jAWABAN 

A. Pilihan Ganda

1. Perhatikan kutipan ayat berikut!
Bacaan ra tarqīq pada kutipan tersebut terdapat pada nomor ...
A.(1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: C
2. Perhatikan kutipan ayat berikut!
Urutan bacaan Q.S .Q.S .Ibrahim 32 :14 yang benar adalah ...
A. (1) – (2) – (3) – (4)
B. (2) – (4) – (1) – (3)
C. (3) – (1) – (2) – (4)
D. (4) – (2) – (3) – (1)
Jawaban: C
3. Perhatikan kutipan potongan ayat berikut ini!
Pernyataan berikut yang merupakan makna dari kutipan Q.S. ar-Rum/30: 41 tersebut adalah ...
A. terdapat banyak kerusakan alam baik di darat maupun di laut
B. manusia merasakan dampak kerusakan yang diperbuatnya
C. kerusakan alam disebabkan karena keserakahan manusia
D. kerusakan alam dikarenakan eksploitasi yang berlebihan
Jawaban: B

4. Perhatikan pernyataan berikut!
“Allah menciptakan binatang tunggangan agar dapat dimanfaatkan oleh
manusia untuk melakukan perjalanan”
Kutipan ayat berikut yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ...
Jawaban: C
5. Perilaku berikut yang sesuai dengan hadis tersebut adalah ...
A. memiliki pohon asuh di sekolah
B. membuang sampah pada tempatnya
C. tidak menggunakan plastik sekali pakai
D. memisahkan sampah organik dan anorganik
Jawaban: A
6. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Kerusakan alam dan lingkungan selalu terjadi dari waktu ke waktu
(2) Manusia dapat memanfaatkan alam sebagai sumber kehidupan
(3) Manusia merupakan pelaku dan aktor utama kerusakan alam
(4) Allah Swt. menciptakan alam sebagai rizki untuk manusia Pernyataan yang terdapat pada Q.S. ar-Rum/30: 41 terdapat pada nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: B

7. Perhatikan contoh perilaku berikut!
(1) Andi selalu membawa botol minuman sendiri untuk bekal air minum di sekolah
(2) Arman selalu memilih membeli nasi yang dibungkus daun pisang pada waktu sarapan di kantin sekolah
(3) Siti membeli air minum kemasan botol plastik dan membuang sampahnya ke tempat sampah organik
(4) Dyah meminum segelas jus buah segar menggunakan sedotan plastik.
Setelah selesai ia membuang sedotannya ke tempat sampah Perilaku yang termasuk menjaga dan melestarikan alam terdapat pada
nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: A

8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Manusia dapat memanfaatkan binatang sebagai sarana transportasi
(2) Banyak manusia yang tidak bersyukur dengan merusak alam
(3) Alam menyediakan semua sumber kehidupan bagi manusia
(4) Allah menciptakan alam sebagai rizki bagi manusia
Pernyataan yang terdapat pada Q.S. Ibrahim/14: 32 terdapat pada nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: D
9. Perhatikan contoh teknologi berikut!
(1) Kincir air bertenaga angin untuk irigasi
(2) Bendungan untuk mengairi lahan pertanian
(3) Kapal bermesin diesel untuk menangkap ikan
(4) Pompa air berbahan bakar minyak untuk irigasi
Teknologi yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam terdapat pada nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: A
10. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Alam merupakan nikmat yang diberikan Allah Swt. kepada manusia
(2) Manusia bisa memanfaatkan binatang sebagai sarana transportasi
(3) Manusia merasakan dampak kerusakan yang diperbuatnya
(4) Manusia berbuat melebihi batas dengan merusak alam
Pernyataan yang terdapat pada Q.S. az-Zukhruf/43:13 terdapat pada nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: A

B. Esai

1. Q.S. ar-Rum/30:41 dijelaskan bahwa telah tampak kerusakan di laut dan di darat sebagai akibat dari perbuatan manusia. Apa maksudnya? Jelaskan!
Jawaban:
Sebagian akibat buruk dari perusakan alam itu dirasakan secara langsung oleh manusia. Bencana yang berdampak pada kesengsaraan dan penurunan kualitas hidup manusia pada dasarnya bersumber dari ketidakmampuan manusia dalam menghargai dan mensyukuri alam ciptaan Allah Swt. dengan membiarkannya rusak dan tidak terjaga

2. Q.S. Ibrahim/14:32 dijelaskan bahwa alam ini diciptakan sebagai rizki untuk umat manusia. Apa maksudnya? Jelaskan.
Jawaban:

Semua ciptaan Allah Swt adalah rezeki untuk umat manusia sehingga manusia tinggal dimanfaatkan sebagai sumber makanan untuk keberlangsungan hidup umat manusia.

3. Apa maksud ungkapan “Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya” dalam Q.S. Az-Zukhruf/43:13? Jelaskan!
Jawaban:

Manusia dapat memanfaatkan hewan, baik sebagai sumber makanan maupun sebagai alat transportasi untuk mendistribusikan sumber-sumber makanan melalui jalur darat.

4. Mengapa Islam memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian alam dan lingkungan?
Jawaban:

Karena kelestarian alam dan lingkungan dapat membawa kelangsungan hidup yang seimbang dan merata bagi seluruh umat manusia dan sebagai upaya membimbing manusia untuk mensyukuri rezeki dari Allah Swt.


5. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, kebutuhan terhadap sumber makan juga bertambah. Karena itulah masyarakat menggunakan teknologi mesin untuk meningkatkan produksi dan distribusi bahan makanan. Namun mesin yang memerlukan bahan bakar fosil menyebabkan produksi emisi karbon meningkat sehingga menyebabkan polusi udara. Bagaimana pendapatmu terhadap persoalan ini? Bagaimana caranya agar kebutuhan sumber makanan terpenuhi tanpa menimbulkan polusi?
Jawaban:

Sangat disayangkan karena dapat merusak keseimbangan alam. Caranya adalah dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi ramah lingkungan.


SEMOGA BERMANFAAT



Share:

STATUSTIK USER

Total Tayangan Halaman

ALEXA RANK

Mengenai Saya

Foto saya
Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia